Gubernur Kaltara Lepas Kontingen PWI Kaltara ke Porwanas XIII di Jatim

17 Nov 2022 · 00:00 AM

TARAKAN - Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, S.H, M.Hum, melepas langsung kontingen dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltara yang akan mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Jawa Timur, kemarin (17/11). Di ajang Porwanas XIII yang akan berlangsung di Malang Raya, PWI Kaltara memberangkatkan 25 orang awak media.
Gubernur Zainal mengingatkan, seluruh kontingen dari Kaltara bisa menjaga protokol kesehatan (prokes) selama berada di Malang. Pihaknya juga meminta agar seluruh kontingen selalu kompak dan menjaga fisik. "Yang paling penting juga semua atlet bisa sportif selama menjalankan kegiatan Porwanas di Malang dan jaga nama baik Kaltara," ungkapnya.
Meski di Porwanas kali ini Kaltara hanya mengikuti 6 cabor, ia berharap pada Porwanas ke depannya Kaltara bisa mengikuti seluruh cabor yang dipertandingkan. Untuk Porwanas kali ini, ia berharap akan ada medali yang disumbangkan oleh kontingen Kaltara.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltara, Obed Daniel Lumban Tobing mengatakan, sebagai ketua Kontingen PWI Kaltara, ia akan berupaya melakukan pemantauan agar semua atlet bisa bertanding dengan maksimal. "Porwanas digagas wartawan olahraga yang mengikuti PON pada tahun 1981 di Jakarta. Tujuannya, selain untuk mengisi panji olahraga nasional juga untuk mempererat keakraban antara profesi wartawan seluruh Indonesia," ucapnya.
Ia menambahkan, dari semua atlet kontingen yang bertanding merupakan putra putri terbaik di Kaltara yang merupakan anggota PWI Kaltara. Meski sebenarnya wartawan tidak diciptakan untuk menjadi olahragawan handal, tetapi tetap berharap kontingen Porwanas bisa memberikan hasil yang terbaik.
Untuk itu, ia berharap Kontingen Kaltara bisa menampilkan yang terbaik di pertandingan. Namun ia katakan, hal terpenting dalam olahraga tidak hanya urusan fisik, tetapi semangat juang yang menjadi obor semangat kebersamaan. "Hal terpenting dalam kompetisi olahraga bukan hanya tentang kemenangan, tetapi pada niatan berpartisipasi dan persahabatan. Sama halnya dengan hidup tentunya, bukan untuk saling menaklukkan tetapi untuk menjalin kebersamaan dalam perjuangan menjuju tatanan hidup yang sejahtera dan beradab,” sebutnya.
Sementara itu Ketua PWI Kaltara, Nicky Saputra membeberkan, kali ini adalah Porwanas pertama kalinya untuk PWI Kaltara ini, ia membawa 22 wartawan untuk mengikuti 7 cabor ditambah official. Di antaranya futsal, bulutangkis, tenis meja, catur, e-Sport, atletik, karya jurnalistik tulis dan karya jurnalistik foto. “Semua wartawan memprioritaskan media lokal di Kaltara di antaranya Radar Tarakan sebanyak 6 orang, Benuanta 4 orang, Koran Kaltara 3 orang, Harian Rakyat Kaltara 2 orang, Narahubung dan beberapa media lainnya," singkatnya. (zar/lim)

BERITA TERKAIT